Tahap - Tahap Merelakan

Leave a Comment
Baru dapat kejadian, biasanya baru bisa nulis. Emang ga bakat nulis dah gue hahaha. Padahal penulis sejati mah mau kondisi apa aja harus bisa nulis.

Kemaren gue baru mendapat suatu kejadian ga enak, dan akhirnya nemuin suatu teori nih.

Setiap kali kita di tinggal, kehilangan, pasti kita akan melalui tahap - tahap ini. Ya ini sih teori berdasarkan Favian Rachmadi Deksono. Grat 9 Wongsodeksono hahaha. Ya sedikit sekalian curhat juga yee. Gue nemu teori ini 2 hari setelah kehilangan seseorang. Ya kalian tau siapa hehehe.


Ada yang nyadar? Ketika kita kehilangan sesuatu, kayak handphone. Hal yg pertama kali kita lakukan nyari, nah abis itu kalo beneran ilang kita bakal kayak, ah gamungkin, pasti ada lah. Sampai disuatu saat kita nyerah dan percaya karena emang ilang karena misalnya kecopetan atau jatuh di jalan. Abis itu kita bakal jadi lebih hati - hati sampe akhirnya bisa merelakannya.

Nah, berdasarkan pengalaman gue bikin teori ini. Pretending-Believing-Learning-Moving

1. Pretending 
Pretending, artinya membantah a.k.a gak percaya sama kenyataan. Nah ketika kita kehilangan suatu barang, seseorang, atau seonggok harapan kita bakal ngelakuin ini. GAK PERCAYA. Gak percaya kalo barang itu hilang, orang itu pergi dsb. Tahapan awal ini biasanya paling berat. Soalnya kita kehilangannya tiba-tiba dan tanpa persiapan. Mulai dari kaget, sedih, ya amit - amitnya sakit jiwa. Tapi kalo kita bisa lewatin tahap ini kita bakal masuk ke tahap berikutnya

2. Believing 
Ya, mempercayai. Kita mulai bisa percaya kalo hal tsb bener - bener terjadi. Bukan cuma khayalan kita, tapi emang real. Tahap mempercayai ini biasanya bikin nelangsa, galau, dsbnya. Tahap dari pretending, ke believing ini semua tergantung kepada si pemilik hati. Kalo dia bisa cepet sadar dia bakal cepet masuk ke fase ini, tapi kalo dia masih "ngarep" ya agak lama. Nah abis itu ada tahap selanjutnya nih 

3. Learning
Belajar merupakan hal yang kita lakukan seumur hidup, gak berhenti dari awal lahir sampe sekarang, selesainya ya pas kita mati. hahaha. Tahap ini merupakan tahap teribet, belajar seperti kita tau emang ribet. kadang lancar, kadang ngadat, kadang ya ada gagalnya. Kalo di tahap merelakan, tahap learning ini artinya kalian udah setengah jalan. Buat lanjut ke tahap selanjutnya ya kita mesti siap untuk belajar dari hal yg kita relakan. Kayak misalnya, kenapa sih kita di tinggalin, pasti ada yg salah sama kita. Kenapa sih gue naro hp sembarangan, jadi ilangkan. Dan akhirnya kita nemuin solusi gimana buat menjadi lebih baik, lebih hati - hati. Setelah itu ya akhirnya kita nyampe di tahap akhir. 

4. Moving 
Yap, merelakan. Melepaskan sesuatu yang kita miliki untuk menjadi milik yg lain, atau menatap masa depan yg lebih baik. Untuk sampai pada tahap akhir ini, biasanya kita akan memahami suatu hal. Barang baru berharga ketika udah jadi kenangan. Nah ketika kita udah bisa menghargai barang yang hilang tsb, baru kita siap untuk mendapatkan barang penggantinya. Dan tentunya kita harus menghargainya saat itu, tanpa harus menunggu hal itu menjadi kenangan. 


Sekian dari saya Favian Rachmadi Deksono 


Salam SIPDEH :)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment